Press "Enter" to skip to content

Tips Mengatasi 10 Hambatan Mental Persepsi Negatif

REZA APRILIADI 0

Tips Mengatasi 10 Hambatan Mental Persepsi Negatif

Kegagalan sejatinya bukanlah hal yang buruk jika kita mampu memperoleh pelajaran berharga. Sayangnya, kebanyakan orang justru menjadi ragu untuk melakukan sesuatu begitu mereka mengalami kegagalan. Dalam ilmu Psikologi, hal ini dikenal dengan istilah persepsi negatif.

Secara teknis, ada beberapa hal negatif yang kerap dialami oleh manusia. Untuk menghindarinya, kita harus tahu bagaimana bentuk hambatan tersebut. Di bawah ini merupakan 10 hambatan mental persepsi negatif beserta tips atau cara untuk mengatasinya, yaitu:

  1. Suka menunda pekerjaan

Kebiasaan ini sering muncul saat kita merasa bosan atau lelah terhadap hal yang sedang dikerjakan. Jika selalu dituruti, hal tersebut akan menghalangi kesuksesan. Jadi jika sedang mengerjakan sesuatu, tuntaskan dulu pekerjaan tersebut. Karena begitu kita menunda, bukannya selesai, kewajiban yang harus dilakukan justru akan menumpuk dan membuat semua terasa lebih berat.

  1. Peduli dengan penilaian orang lain

Menerima kritik dari sekitar memang terkadang mampu memotivasi diri untuk menjadi lebih baik lagi. Tapi jika hal tersebut justru membuat kita minder, lebih baik berhenti memedulikan pendapat orang. Karena disadari atau tidak, penilaian tersebut akan membuat kita fokus pada kekurangan diri sehingga selalu merasa gagal.

  1. Tidak mau menolong

Salah satu kunci kesuksesan yang sering diabaikan orang adalah menolong sesama. Apapun bentuknya, usahakan untuk ringan tangan dan menolong orang-orang yang sedang membutuhkan di sekitar kita. Sebab dari sikap tersebut ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah menambah relasi dan jaringan.

  1. Bersikap angkuh dan gengsi

Gengsi merupakan salah satu dari 10 hambatan mental persepsi negatif  yang sering dilakukan orang. Orang yang memiliki sikap gengsi biasanya enggan melakukan pekerjaan yang menurut mereka tidak sesuai dengan kemampuan atau latar belakang pendidikan yang dimiliki.

Padahal bisa jadi, pekerjaan tersebut mampu menaikkan nilai mereka di mata orang lain dan mendatangkan kesuksesan. Jadi jika ingin menjadi orang sukses, mulai sekarang berhentilah bersikap angkuh dan gengsi.

  1. Tidak mampu menyesuaikan diri dengan sekitar

Menjadi manusia berarti, kita harus mampu beradaptasi dengan segala situasi atau keadaan. Karena jika tidak, hal tersebut dapat menghambat kita dari melakukan hal yang bisa jadi, mampu mengantarkan pada kesuksesan. Dengan memiliki sikap adaptasi yang baik, kita bisa bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan sehingga kesuksesan pun bukan lagi impian semata.

  1. Suka mengeluh

Mengeluh merupakan salah satu sifat yang dapat menghambat mental Anda untuk melakukan hal positif. Meskipun kelihatannya sepele, jika dilakukan terus ternyata hal ini akan menjadi beban dan membuat permasalahan menjadi lebih besar. Jadi jika ingin sukses, mulailah untuk berhenti mengeluh dan melihat sesuatu dari sisi positifnya.

  1. Tidak memiliki motivasi

Setiap kesuksesan yang didapatkan manusia pasti membutuhkan perjuangan. Tanpa motivasi, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Jadi jika ingin sukses, cobalah untuk mencari sesuatu yang bisa membuat kita termotivasi dan merasa semangat.

  1. Menyalahkan keadaan

Hambatan mental lain yang sering dilakukan orang adalah, menyalahkan keadaan jika mengalami kegagalan. Sikap semacam ini bukannya menyelesaikan masalah malah akan membuang banyak waktu. Jadi daripada sibuk mencari kambing hitam, cobalah untuk introspeksi dan memperbaiki kondisi yang sedang dialami.

  1. Rendah diri

Setiap orang pasti memiliki kelebihan, jadi daripada fokus pada kekurangan diri mulailah untuk memaksimalkan potensi dengan memaksimalkan kelebihan yang dimiliki.

  1. Tidak memiliki tujuan hidup

Untuk menjadi orang sukses, Anda membutuhkan tujuan hidup yang jelas. Karena pada dasarnya, setiap orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita. Jadi mulai sekarang, buatlah tujuan hidup yang jelas agar mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Itulah 10 hambatan mental persepsi negatif yang sering dialami orang, Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *