Press "Enter" to skip to content

Sepenting Apakah Skill Public Speaking? | Sudahkah kamu pede berbicara di depan umum?​

REZA APRILIADI 2

Oke, kali ini saya mau bercerita sedikit mengenai pengalaman saya dalam hal public speaking. Dulu public speaking itu nggak saya banget, karena ya dulu saya pendiam banget dan suka berfikir dengan menyendiri, ngga suka rame rame gitu loh. Menjauh dari keramaian (istilah nya introvert=search aja di om google), dan dulu saya ngga suka ngomong banyak alias bertele tele, cukup ngomong kalo ada yg nanya. Itupun jawabanya flat, kalo bisa di jawab dengan 1 kata yaudah 1 kata cukup.

Nah menariknya, sosial media kian berkembang sangat pesat hingga saat ini, terkhususnya Youtube dan Instagram. Untuk membuat video berdurasi 1 menit sebagai instagram kita di tuntut untuk membuat konten yang bagus. Baik copywriter nya, konsep nya dan lain-lain sebagainya. Bahkan membuat satu skenario dalam video yang mungkin durasinya tidak cukup hanya dengan semenit. Maka anda pun harus meng-upload nya ke YouTube.

Permasalahan yang timbul adalah apakah anda dapat dengan mudah menyampaikan ucapan yang di tulis oleh copywriter, bagaimana cara anda menyampaikannya? Bagaimana skenario yang baik? Anda harus jago ber-acting bak artis artis pemain sinetron. ^_^ dan ternyata, public speaking ngga hanya berperan di atas panggung tapi juga di depan kamera.. meskipun ngga serame di di depan panggung atau banyak orang. Bahasa tubuh dan kontak mata merupakan peranan yang cukup penting dari ilmu public speaking ini.

Bonus pembelian Paket Bundel buku Street smart MC + Street smart Slide!! Template powerpoint kelas dunia seperti video di bawah.

Saya bersyukur bekerja di sebuah perusahaan yang membuat saya bisa terus belajar banyak hal, macem-macem. Hehehe.. tapi kali ini pembahasan kita adalah mengenai “public speaking”. You know? Jadi sederhananya public speaking itu kalo dari arti  kata english nya :

public : umum, banyak sedangkan

speaking itu artinya berbicara atau ngomong.

Jadi secara arti dasarnya bisa diartikan =>> berbicara di depan umum atau banyak orang. Kebayang kan? Gimana rasanya seandainya anda sendiri yang berada di panggung dan berbicara di depan banyak orang.

Saat pertama kali Saya juga mungkin anda tampil pasti merasakan kegelisahan, yakan? 😀 atau jangan jangan sampai anda mengeluarkan keringat dingin, atau kerongkongan kering, atau ingin buang air kecil sesaat sebelum tampil dalam public speaking.?? ya itu semua lumrah bin maklum bagi kita kita yang pertama kali tampil di depan umum. 😀 tapi kalo anda langsung lari ketakutan itu berarti anda “PENGECUT” yang Cuma bisa lari dari kenyataan. PLAKKKK!!! (TEPUK JIDAT!!) ^_^

Natalie Rogers dalam buku Berani Bicara di depan Publik (dalam Muljanto, 2014) : Cara Cepat Berpidato menjelaskan ada tiga gejala umum yang sering dialami oleh mereka yang pertama kali tampil di depan umum/banyak orang.

Pertama, gejala fisik. Gejala ini biasa dirasakan oleh orang yang akan tampil jauh beberapa hari sebelumnya. dalam rupa ketegangan perut atau sulit tidur. ketika tampil di depan, gejala fisik tersebut bisa berbeda untuk setiap orang, namun pada umumnya di bawah ini :

  • Detak jantung semakin cepat;
  • Mata berair atau hidung berlendir.
  • Lutut gemetar, sulit berdiri atau berjalan menuju mimbar, atau sulit berdiri tenang di depan pendengar anda;
  • Gelombang hawa panas, atau perasaan seperti akan pingsan;
  • Suara yang bergetar, seringkali disertai mengejangnya otot tenggorokan atau terkumpulnya lendir di tenggorokan;
  • Kejang perut, terkadang disertai perasaan mual;
  • Hiperventilasi, yaitu kesulitan untuk bernafas;

Kedua, gejala mental dan umumnya terjadi selama pembicara tampil, antara lain :

  • Terlalu sering mengulag kata dan kalimat yang telah di sampaikan.
  • Hilang ingatan sementara (blank memories), termasuk ketidakmampuan pembicara untuk mengingat fakta atau angka secara tepat dan melupakan hal-hal yang sangat penting;
  • Tersumbatnya pikiran, yang membuat pembicara tidak tahu apa yang harus diucapkan selanjutnya.

Ketiga, Gejala emosional, fisik dan mental umumnya diawali atau disertai dengan sejumlah gejala emosional diantaranya :

  • Rasa takut yang dapat muncul sebelum seseorang tampil;
  • Rasa kehilangan kendali;
  • Rasa tidak mampu;
  • Rasa tidak berdaya,
  • Rasa malu atau dipermalukan, saat presentasi berakhir;
  • Panik, stress.

Gejala ini memang sering terjadi bagi kebanyakan orang yang bergelut dalam pekerjaan yang mengharuskan melatih skill public speakingnya. Saya sendiri sebenernya ngga kepikiran kalo ternyata mengharuskan saya untuk melatih skill public speaking. ini uda menjadi sebuah TUNTUTAN MEN!! ^_^ mau tak mau, harus mau, harus bisa. NGGA BISA NOLAK!! Kalo menolak maka anda tidak bisa bekerja.!! Maka anda ga di terima dan ngga bisa dipekerjakan. Itu semua harus anda dengar!! Ehh maksudnya untuk saya yaa.. 😀 karena ini pengalaman yang terjadi dengan saya sendiri. Tapi bisa menjadi cerita dan motivasi untuk anda. Selagi anda menerima kehadiran saya disini.

Saya yakin bener 100%, anda yang sudah pernah melaluinya pasti juga mengalami hal yang sama seperti yang saya alami. Bagi anda yang belum melaluinya, Hayo “PERSIAPKAN” MENTAL dan EMOSIONAL nya!! Hihihihi pasti akan anda lewati semua proses yang saya ceritakan.

Kalo anda ingin berkata lain silahkan tinggalkan komentar ya.. ^_^ 

Dan pada akhirnya saya semakin sering dan semakin sering tampil di depan banyak orang. Latihan dan kebiasan ini menempa saya untuk berani tampil dan berbicara menyampaikan pesan dan materi presentasi yang ingin saya sampaikan.. jangkauan saya hanya untuk menyampaikan materi presentasi perusahaan tempat saya bekerja kepada 50 sampai 200an orang. Ngga lebih, namun ini jadi sering saya lakukan rat-rata 3 sampai 7 kali pertemuan dalam 1 bulan untuk peserta studi lapangan atau studi ekskursi.

Namun ada masalah lain, saya harus mempersiapkan materi presentasi yang bagus sesuai dengan trend presentasi saat ini. Materi Presentasi sering sekali monoton, terlalu bayak teks dan kalimat yang membuat Audiens merasa bosen. Dan cenderung slide nya kaku tanpa effect samasekali. Sebenernya materi presentasi yang baik harusnya singkat (tanpa kalimat panjang-panjang) dan lebih asyik di masukkan dengan gambar yang bagus.

Ingat, menjadi seorang public speaking yang mahir harus meguasai materi baik bahan presentasi, maupun bahasa (bahasa tubuh, bahasa vocabulary) dan tentunya mengetahui dan memperbanyak pola kata/bahasa umum yang sedang berkembang. Dengan cara banyak membaca buku.

Ilmu Public Speaking ini cocok banget di pelajari jika anda :

  • Seorang mahasiswa, yang ingin tampil memukau di hadapan dosen dan ribuan mahasiswa lainnya.
  • Pekerja BUMN/Swasta, Organisasi pemerintahan, Organisasi kemasyarakatan yang notabene berinteraksi dengan masyarakat dan banyak orang.
  • Anda yang ingin tampil ramah : video live di depan kamera dan akan di tonton oleh banyak orang. (Youtube, Facebook, Instagram)

Apa kata mereka tentang Buku Street Smart Slide??

Kabar baiknya anda bisa belajar tanpa harus membayar biaya jutaan rupiah untuk training course public speaking dan membuat materi slide presentasi hanya dengan 2 buku (masa Pre Order di buka sampai 21 Desember 2018) dibandingkan datang jauh-jauh ke jakarta atau ke bandung yang harus menghabiskan banyak waktu, fikiran, uang, dan energi.

  1. Buku Street Smart MC, mengajarkan anda yang ingin jago Public Speaking.berisikan tips-tips memandu acara. Beberapa hal yang di bahas di antaranya :
  • Tips membangun Mentalitas MC
  • Tips melakukan persiapan MC
  • Tips memandu sebuah acara
  • Tips berinteraksi dengan audiens (offline maupun online)
  1. Buku Street Smart Slide, mengajarkan anda yang ingin jago buat Slide Materi Presentasi Power Point di komputer. Sebuah panduan praktis dalam mendesain slide presentasi yang di dalamnya terdapat berbagai macam #TipsPraktis dan #Aplikatif yang sangat membantu anda yang kesehariannya banyak melakukan presentasi.
  1. It’s perfect time to make some plans for the future and it’s time to
    be happy. I have read this post and if I could I desire to suggest you
    some interesting things or tips. Perhaps you could write next articles referring to this article.
    I desire to read more things about it! You made some decent points there.
    I checked on the internet for more info about the issue and found most individuals will go along
    with your views on this site. It’s appropriate time to make a few plans
    for the longer term and it’s time to be happy. I have learn this submit and
    if I may I wish to recommend you some fascinating issues or suggestions.

    Maybe you can write next articles referring to this article.
    I wish to read even more things approximately
    it! http://www.cspan.net

  2. Hello, I think your site might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Firefox, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some
    overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!
    Other then that, awesome blog!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *