Press "Enter" to skip to content

Ilmu, Investasi Terbaik dan Menguntungkan Sepanjang Masa

REZA APRILIADI 0

Investasi Terbaik dan Menguntungkan Sepanjang Masa

Memiliki masa depan yang terjamin. aman, dan minim risiko merupakan impian setiap manusia. Inilah mengapa, banyak orang melakukan berbagai upaya untuk “menyelamatkan” masa depan mereka. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi.

Selama ini pasti investasi yang kita kenal hanya berbentuk materi, seperti: rumah, tanah, emas, forex, berlian, hingga valas. Padahal, ada bentuk investasi lain yang sebenarnya lebih terjangkau dan mudah didapatkan. Investasi tersebut bernama Ilmu. Lalu, apa yang menguntungkan dari memiliki ilmu?

Mari kita ulas beberapa alasan mengapa investasi terbaik adalah ilmu,

  1. Ilmu memiliki banyak manfaat

Jika direnungkan, ilmu sebenarnya merupakan sebuah hal yang abstrak dan tidak memiliki wujud. Jadi bukan hal yang aneh jika banyak yang meremehkan ilmu. Padahal meskipun begitu, ilmu justru memiliki banyak manfaat dibandingkan hal-hal lain yang memiliki bentuk.

Contohnya, ada dua orang nelayan yang sama-sama pergi berlayar. Nelayan A hanya memiliki perahu kecil, tetapi karena sudah berpengalaman dan memiliki ilmu tentang pelayaran, perlengkapan keselamatan yang dia bawa cukup lengkap. Sementara itu, Nelayan B berlayar dengan sebuah kapal besar berteknologi tinggi.

Tapi karena merasa kapalnya cukup besar dan aman, Nelayan B hanya membawa sedikit perlengkapan keselamatan. Di tengah laut, kedua kapal tersebut diserang badai yang cukup besar. Karena sudah berpengalaman, Nelayan A bisa melalui badai tersebut dengan baik, meskipun kapalnya sempat mengalami kerusakan.

Hal yang sama tidak berlaku untuk Nelayan B. Karena tidak memiliki perlengkapan yang memadai, Nelayan B tidak bisa menyelamatkan diri saat kapalnya terbalik di tengah badai. Kisah dari dua nelayan tersebut membuktikan, betapa meskipun kelihatannya sepele, ternyata ilmu dan pengetahuan memiliki manfaat yang besar dalam kehidupan.

  1. Ilmu tidak pernah habis

Kelebihan lain yang membuat banyak orang menganggap bahwa investasi terbaik adalah ilmu yaitu, ilmu merupakan suatu hal yang tidak pernah habis. Bahkan ketika kita sudah meninggal pun, ilmu yang dimiliki masih bisa memberikan manfaat kepada banyak orang meskipun berpuluh tahun kemudian. Hal ini pun tertulis dalam sebuah hadits yang berbunyi,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

 “Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang berdoa untuknya” (HR. Muslim)

Lihat saja sekeliling kita, mulai dari lampu, telepon, televisi, radio, hingga internet merupakan bukti nyata, bahwa ilmu seseorang akan tetap memberi banyak manfaat meskipun penemunya sudah meninggal berabad-abad lalu. Lain halnya dengan investasi berupa harta seperti emas atau uang.

Jangankan berpuluh tahun, beberapa hari pun mungkin semuanya sudah habis dibelanjakan dan digunakan untuk hal-hal yang belum tentu memberi manfaat pada sekitar.

  1. Ilmu memberi rasa aman dan percaya diri

Selain dua hal yang telah disebutkan sebelumnya, ilmu juga dapat memberi rasa aman dan percaya diri. Karena, siapa sih yang tidak akan percaya diri ketika mengetahui dan melakukan banyak hal? Namun, jangan samakan kepercayaan diri orang berilmu dengan kesombonga.

Karena mereka yang berilmu justru biasanya lebih rendah hati sebab mereka tahu, ilmu tersebut tidak akan bermanfaat jika tidak berbagi dengan sekitar. Sedangkan rasa aman hadir pada orang yang berilmu karena mereka yakin, ilmu dapat mereka manfaatkan saat sedang menghadapi sesuatu yang mungkinbagi kebanyakan orang sulit untuk dilalui.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi pada ilmu dan pengetahuan?

Ilmu pun sebenarnya bukan hal yang bisa didapatkan melalui pendidikan formal atau akademis saja. Ilmu bisa didapatkan dari manapun selama kita mau tetap rendah hati dan berpikiran terbuka. Jadi tidak salah jika banyak orang berpendapat, bahwa investasi terbaik adalah ilmu dan menguntungkan sepanjang masa.

Berikut pesan-pesan yang dapat saya sampaikan :

Jika Kamu seorang muslim, Kamu pasti mengetahui bahwa Allah SWT memerintahkan manusia untuk menuntut ilmu. Dalam Islam, menuntut ilmu adalah wajib dilakukan oleh setiap muslim.

Dalil Al-Qur’an :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖوَإِذَاقِيلَ انْشُزُوافَانْشُزُوا يَرْفَعِ  الله الذِيْنَ امَنُوا مِنـْكُمْ وَالّذِيْنَ اُوتُو الْعِلْمَ دَرَجَـتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْـمَلُـوْنَ خَـبِيْـر 

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman!Apabila dikatakan kepadamu,”Berilah kelapangan didalam majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan  memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan berdirilah  kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat“. Q.S Al-Mujadalah ayat 11

Dalil Hadits :

     Banyak hadits yang menjelaskan perintah kewajiban menuntut ilmu diantaranya hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah 

عْنْ اَنَسٍ اِبْنُ مَالِكٍ قَلَ قَالَ رَسُوْل الله صلى الله عليه وسلـم  طَلَبُ الْعِلْم فَرْيْضَةً عَلى كُلّ مُسْلِمٍ ووضِعً العِلْمِ عِنْدَ غَيْرُأهْلِهِ كَمُقِلِّدِ الْخَنَا زِيْرِ لْجَوْهَرَولَلؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ

Artinya  :

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah saw, bersabda: Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara, atau emas” HR.Ibnu Majah

Hadits-hadits  keutamaan/mamfaat menuntut ilmu

     Apabila setiap orang Islam menyadari betapa pentingnya menuntut ilmu, maka semua akan belomba-lomba mendapatkannya. Banyak mamfaat yang diperoleh oraang yang menuntut ilmu diantaranya sebagai berikut :

Orang yang menuntut ilmu akan memperoleh pahala seperti orang yang berrjihad.hal ini sesuai dengan sabda rassulullah saw :

                                         مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : 

Orang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada dijalan Allah sehingga ia kembali kerumahnya”

     Orang menuntut ilmu sejak keluar dari rumah sampai dia kembali kerumah, maka ia termasuk orang yang berjuang dijalan Allah. Hal ini menunjukkan betapa besar penghargaan Rasulullah saw terhadap orang yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. apabila dia mati dalam keadaan menuntut ilmu, insyaAllah ia termasuk golongan orang-orang yang mati syahid.

Menuntut ilmu mempunyai keutamaan lebih baik dari pada sholat seratus rakaat. Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw kepada Abu Zar sebagai berikut :

             يَا أَبَاذَرٍّ ، لَأَنْ تَغْدَوْا فَتُعَلِّمَ اَيَةً مِنْ كِتَابِ اللَّهِ خَيْرٌ لَّكَ مِنْ اَنْ تُصَلِّيَ مِائَةَ رَكْعَةٍ 

Artinya :

Wahai Abu Zar, keluarmu dari rumah pada pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah, itu lebih baik dari pada engkau mengerjakan sholat seratus rakaat. HR.Ibnu Majah 

     Orang yang menuntut ilmu meskipun hanya mempelajari satu ayat Al-Qur’an kebaikannya melebihi dari pada orang yang sholat sunat seratus rakaat. Mengingat demikian besarnya pahala menuntut ilmu, maka seharusnya umat islam harus memiliki semangat belajar yang tinggi.

Orang yang suka mencari  ilmu akan dimudahkan jalannya menuju surga dan dinaungi oleh para malaikat, sebagaimana sabda Rasulullah saw : 

                                  مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَالْجَنّة

Artinya :

Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga, sesungguhnya para malaikat menaungkan sayap-sayapnya kepada orang yang menuntut ilmu karena senang terhadap apa yang diperbuat”

     Rasulullah saw membberikan motivasi kepada umat Islam agartertarik pada ilmu dan berusha untuk dimiliknya. Hadits tersebut diatas mengandung satu syarat dan jawab.Syaratnya, kalau mau dimudahkan jalannya kesurga maka harus berusaha untuk selalu menuntut ilmu,sedangkan jawabnya bahwa Allah pasti memudahkan jalannya masuk kesurga kalau sudah melaksanakan apa yang telah diperintahkan 

Dengan menuntut ilmu, maka akan membantumu untuk meraih kesuksesan. Banyak orang yang sukses di dunia karena mereka memiliki ilmu yang baik. Seperti Jack Ma pemilik e-commerce terbesar di Tiongkok, Mark Zuckerberg dan Bill Gates dll.

Dengan menuntut ilmu juga dapat menghilangkan kesombongan. Kamu akan merasa tidak bisa apa-apa jika sudah menuntut ilmu yang tinggi. Karena tahu bahwa sebenarnya manusia tanpa ilmu memang tidak bisa apa-apa.

Harta bukanlah warisan terbaik, tapi ilmulah yang merupakan warisan terbaik. Hal ini karena harta yang kamu miliki bisa saja habis dalam waktu yang sekejap, tetapi ilmu akan tetap Kamu miliki meskipun Kamu sudah tua dan lupa, tetapi Kamu akan tetap memiliki ilmu yang bermanfaat.

Maka carilah ilmu dunia & akhiratmu, yang kedua-duanya sama sama penting dan berdiri sederajat.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *