Press "Enter" to skip to content

5 Cara untuk Mencapai Kebebasan Waktu dan Finansial

REZA APRILIADI 0

Memiliki kebebasan waktu dan finansial merupakan mimpi semua orang. Jadi jangan heran jika banyak yang bercita-cita menjadi pengusaha kaya yang bebas utang.  Bebas waktu dan finansial berarti, Anda memiliki pendapatan pasif melebihi biaya atau gaya hidup sehari-hari.

 Selain itu, orang yang memiliki kebebasan finansial biasanya juga tidak akan takut ketika menghadapi krisis keuangan. Nah, untuk mencapai hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut ulasannya!

  1. Bertanggung jawab

Mengutip Robert Kiyoshi, seseorang yang ingin memiliki kebebasan finansial harus memiliki tanggung jawab terhadap neraca keuangan mereka sendiri. Jadi, Anda perlu mempertanggungjawabkan setiap pembelian atau penjualan yang dibuat. Kita harus menyadari, bahwa setiap keputusan yang dilakukan memiliki risiko terhadap keuangan di masa akan datang

Jadi mulai sekarang, cobalah untuk lebih disiplin dalam melakukan berbagai kegiatan finansial. Jangan lupa pula untuk mencatat setiap transaksi yang ada agar kita benar-benar tahu selisih pendapatan dan pengeluaran yang dimiliki.

  1. Memiliki anggaran

Selain mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran dan penjualan, Anda juga wajib memiliki anggaran sendiri meskipun yang dikelola keuangan pribadi. Anggaran berfungsi untuk mencegah kita melakukan pembelian yang tidak bermanfaat. Buatlah anggaran tersebut untuk periode bulanan atau mingguan.

Karena jika patuh pada anggaran yang telah dibuat, secara otomatis kita akan lebih disiplin saat ingin membelanjakan sesuatu sehingga benar-benar tidak ada pengeluaran sia-sia.

  1. Memiliki dana darurat

Dana darurat bisa disebut juga sebagai pendapatan pasif. Dana darurat juga bisa berarti, sejumlah uang yang bisa dipakai untuk menjalani hidup selama tiga bulan. Tujuan dana darurat sebenarnya sebagai jaminan agar jika membutuhkan sewaktu-waktu, dana tersebut menghindarkan diri dari utang.

Cara terbaik membuat dana darurat adalah dengan membuka rekening baru yang mudah diakses kapanpun. Jangan membuka tabungan berjangka atau deposito. Jika merasa memiliki beberapa rekening terlalu merepotkan, Anda bisa menyimpan dana darurat di rumah atau celengan,

Meskipun kelihatannya kuno, tapi cara jadul ini cukup efektif untuk membantu kita menyisihkan uang sebagai keperluan yang akan dibutuhkan sewaktu-waktu.

  1. Membuka usaha rumahan sesuai passion

Kebebasan finansial tidak ada gunanya jika kita masih harus bekerja keras pergi pagi pulang malam dan tidak memiliki waktu untuk keluarga. Untuk mendapatkan bebas finansial dan waktu sekaligus, cobalah untuk membuka usaha yang bisa dilakukan di rumah. Agar tidak bosan, pilihlah usaha yang sesuai bakat dan kemampuan diri.

Selain tidak terikat waktu, usaha rumahan juga bisa mendatangkan banyak keuntungan jika dikelolan dengan baik. Jadi sebelum membuka, pastikan Anda telah melakukan riset tentang usaha tersebut untuk meminimalisasi kerugian dan memperoleh keuntungan.

  1. Hidup sederhana

Meskipun langkah terakhir ini cukup simple, tapi ternyata tidak semua orang bisa melakukannya. Agar bisa mendapatkan kebebasan waktu dan finansial, mulai sekarang cobalah untuk hidup sederhana. Mulailah membeli sesuatu jika hal tersebut benar-benar dibutuhkan.

Buatlah prioritas, dan sisihkan sebagian uang untuk kebutuhan primer. Jangan biasakan diri untuk pergi ke mal, tempat makan, atau tempat rekreasi saat weekend hanya untuk sekadar mencari hiburan. Cobalah untuk membuat acara keluarga murah meriah sendiri rumah agar waktu bersama anak dan pasangan semakin berkualitas.

Kunci dari kebebasan finansial dan waktu adalah mengubah kebiasaan “negatif” menjadi positif dengan cara membuat skala prioritas dan menetapkan tujuan dalam hidup. Dengan prinsip ini, kita akan mencapai kebebasan yang diinginkan dengan mudah. Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menggapai bebas waktu dan finansial. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *